Sabtu, 15 September 2007

TaNpa pSikoMeTri, Psikolog = duKuN ?

PSikoMetri tuh apaan sih??

Dari asal katanya pSiko dan Metri, bisa ditebak klo definisinya adalah gak jauh2 dari ilmu tentang Metri2-an alias pengukuran (MEaSuReMeNt). Trus karena psiko = jiwa (yang teraktualisasi dalam 'perilaku'), maka pengukurannya tentu terkait dengan pengukuran PERILAKU.

tRus emang pErilaku bisa diukur gitu??
Yee...dengerin nih diktumnya si Thorndike: "If a thing exists, it exists in some amount. And if it exists in some amount, it can be measured"
Nah, since 'perilaku' adalah bagian dari 'a thing', maka sebenarnya ia mengandung 'jumlah'/memiliki besaran, maka tentu bisa diukur.

Tapi ingeettt yaaa, yang diukurnya itu adalah cuman SAMPEL perilakunya aja, since dalam metodologi ilmu pengetahuan, hanya sampel lah yang diambil, yang dianggap dapat mewakili sebuah populasi. Sebab kemampuan manusia ya terbatas lhooo gak bisa nge-handle semua populasi.

*self-talk: secara ya, 'perilaku' itu kan sifatnya latent, dinamis, un-stable, bakalan banyak banget dunk errornya wlo sedemikian rupa pengukuran perilaku ini di kontrol dan dimanipulasi??
*jawaban self-tak: ya iya lha, skeptis pastinya ama nih elmu psikologi, hehehe..., tapi tenang tenaaang semua elmu itu ujung2nya juga akan membawa kita kepada ke-skeptis-an, gak ada kepastian bagi apapun di dunia ini..... :D
s
tRus belaJar PsiKoMetri Fungsi atau manfaatnya buat apa??
jawaban ngenye' nya sih gini: biar bisa ngebedain antara kita (yang men-declair-kan diri sebagai ilmuwan psikologi) dengan para dukun yang juga punya keahlian sama dengan kita (sama2 bisa ngutak-atik 'dunia dalam' seseorang). hehe, pisss pak dukun, satu guru satu ilmu nih sebenernya kitee :D

--bersambung, belom selese nih--

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kamu adalah orang yg hampir gila kan???
kuliah dmn??klo q di psikologi ugm.

Anonim mengatakan...

tapi susah klo yang ngajar psikometrinya ga bener, cuma cerita tentang pengalaman masa lampau.....
ahahahahahaha
By: Mahasiswamu di kampus islam